Selamat membaca
Membuat Lirik Lagu ? ? ?
semoga bermanfaat

WIDGET

Label

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followerku

BlogRoll

Blogger news

Membuat Lirik Lagu ? ? ?

Bahagia itu nikmat, senikmat kopi dengan moka putih.

Membuat Lirik Lagu ? ? ?


Membuat lirik lagu memang gampang-gampang susah. Bagi saya, membuat lirik itu mudah namun ada juga sebagian orang yang menganggapnya susah. Sehingganya saya menarik kesimpulan bahwa membuat lirik itu gampang-gampang susah. Bagi orang yang mengatakan gampang, menulis lagu itu hanya seperti menulis puisi, bahkan lebih gampang dari itu. Hal ini dikarenakan model lirik sebuah lagu itu bisa bermacam-macam, ada yang membuatnya seperti dengan membuat puisi, yang penuh dengan makna implicit, ada pula yang membuatnya seperti sebuah cerita atau menceritakan kisah, inilah yang saya katakan lebih gampang.

Semua orang pasti bisa membuat puisi, secara otomatis ia pun pasti bisa membuat lirik lagu. Sebagian orang mengatakan susah karena kekurangan “kepandaian bermain kata-kata”, begitu saya menamakannya. Ada juga yang mengatakan sering kali mereka tidak punya ide sama sekali dalam menulis.

Sebenarnya, kesusahan terbesar bagi kita adalah ketika kita membuat nada sebuah lagu, dan mencocokkannya dengan lirik yang telah kita buat. Sebuah lagu akan enak didengar jika nada dan musiknya bagus dan indah. Lirik dan isi pesannya adalah hal kedua dalam penilaian orang-orang. Namun, lirik juga kadang-kadang bisa menjadi hal yang utama karena sebuah lirik dapat mewakili perasaan orang yang mendengarnya. Jika suatu lirik bisa menyentuh kehidupan seseorang, maka orang tersebut akan menyukainya ataupun akan membencinya jika lirik tersebut berkaitan dengan hal yang dibencinya. Misalnya, jika seseorang sedang jatuh cinta dan mendengar sebuah lagu yang isi pesannya bercerita tentang cinta, maka hatinya akan lebih berbunga-bunga dan perasaanya senang. Begitu pula sebaliknya, jika seseorang sedang putus cinta atau sedang bersedih dan ia mendengarkan lagu yang sedih juga, maka ia akan membenci lagu tersebut atau tidak menyukainya.

Setiap lagu pasti berisi tema-tema tertentu. Ada tema perjuangan (biasanya terdapat pada lagu-lagu kebangsaan), tema percintaan, dan lain-lain. Tema inilah nantinya yang akan merepresentasikan isi pesan dari lagu tersebut. Ada juga lagu yang sulit ditebak temanya. Dan pastinya, isi pesan dari lagu tersebut tidak dapat dimaknai. Contoh lagu yang seperti itu adalah lagu dengan syair atau lirik yang tidak menentu, kadang bercerita tentang ini, kemudian bercerita lagi tentang itu. Ada pula lagu dengan syair teracak. Kebanyakan lagu-lagu demikian muncul pada band-band instant, dengan vokalis yang instan pula. Di Negara kita, Indonesia, masih banyak terdapat kasus seperti itu. Oleh karena itu, para pembuat lagu sebaiknya konsisten pada satu pesan yang ingin disampaikannya. Satu pesan yang baik, akan indah bagi pendengar dan penikmat lagu atau music.

Dalam membuat lagu, seharusnya kita melihat terlebih dahulu kondisi perkembangan zaman yang ada. Kita sekarang ini tengah berada pada zaman modern, yah tentu lagunya harus tidak ketinggalan zaman donk begitu juga pada musiknya. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah keadaan pasar music pada tempat dimana kita berada. Kita bisa mengambil contoh pada pasar music Indonesia. Dalam konteks ini, kita harus melihat genre lagu apa yang sedang naik daun saat ini. Dari hasil pengamatan kita tersebut, maka kitapun akan membuat lagu dengan genre yang demikian namun dengan kolaborasi music dan lirik yang berbeda. Hal yang terakhir yang perlu kita perhatikan dalam membuat lagu adalah kondisi atau situasi yang sedang terjadi dalam kehidupan saat itu. Yang dimaksudkan disini adalah misalnya ketika kondisi suatu Negara ataupun daerah pada saat itu tengah terjadi korupsi besar-besaran, maka jika kita membuat suatu lagu yang isi pesannya adalah tentang korupsi, maka yakin dan percaya lagu kita tersebut akan naik daun.

Itulah beberapa saran penting dalam pembuatan lagu, semoga degan menjalankan tiga hal tersebut, lagu kita akan selalu dinikmati oleh masyarakat, dan pastinya akan indah didengar.

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Sepenggal Kata

Menulislah, maka anda akan meraba dunia, dan membacalah maka anda akan melihat dunia...

READ

......
Template Oleh trikmudahseo