Selamat membaca
Let them flow well...
semoga bermanfaat

WIDGET

Label

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Followerku

BlogRoll

Blogger news

Let them flow well...

Bahagia itu nikmat, senikmat kopi dengan moka putih.

Let them flow well...

Setelah saya kenang kembali segala sesuatu yang pernah terjadi pada diri saya, sejak pertamakali mencium bau kehidupan, merasakan hangatnya pelukan keluarga, menikmati indahnya dunia ini, hingga saya dewasa seperti sekarang ini (udah menginjak umur 20-21), banyak hal yang berubah, of course. Memang perubahan itu tetap ada dan tentunya siapapun pasti tahu akan hal itu.

Saya mengutip kata dari seorang Filsuf Yunani, Heraclitos, yang menyatakan bahwa “segala sesuatu itu mengalir”… Kurang lebih seperti itu katanya (mohon ma’af, saya berusaha mengingatnya). Menurutnya bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini akan terus berubah. Tidak ada yang abadi. Maksudnya adalah sesuatu akan berubah menjadi sesuatu yang lain pada waktunya, setelah itu sesuatu itupun akan berubah lagi menjadi yang lainnya. Ini bisa dikatakan sebagai suatu proses lingkaran kehidupan (menurut saya…hehehe). By the way, anda pasti bingung dengan penjelasan pada pernyataan sebelumnya di atas, iya kan??? Ngaku aja…tuch benar kan… Saya akan berikan contoh, misalnya kita manusia, setelah menjalani kehidupan yang begitu panjang (ada juga yg pendek lho), manusia akan mati, ia membusuk, menjadi bangkai, dan akhirnya berubah menjadi tanah. Tidak hanya sampai disitu, tanah tersebut menjadi zat hara yang nantinya akan digunakan oleh tumbuhan, tumbuhan akan mati,tumbuhan juga akan dimakan oleh manusia. Begitulah seterusnya. Sehingga dapat diasumsikan bahwa kehidupan ini/segala sesuatu yang ada di dunia ini, baik yang hidup maupun yang mati berasal dari satu substansi. Itulah sebabnya banyak ahli-ahli filsafat yang mengemukakan asal muasal kehidupan. Ada yang mengatakan bahwa kehidupan/segala sesuatu itu berasal dari air, dari api dan masih banyak lagi. Juga kita kenal ahli biologi, Fransisco Redi, yang telah melakukan percobaan dan meyimpulkan bahwa makhluk hidup itu berasal dari makhluk yang mati. Mungkin ilmuwan sekarang ini sudah mengetahui asal kehidupan tersebut (saya belum dapat info mengenai itu, maklum kurang baca…hehehe). Pembaca jagan tegang dulu yach…? Mudah-mudahan tidak. Memang penjelasan saya agak ribet, sedikit membuat kepala anda berpikir-pikir. Tapi tidak apalah, itu juga kan ilmu, setuju gak? Just read, then everything is going to be OK, itu kata Bondan Prakoso.

Kayaknya kita sudah jauh melayang-layang, iya kan? Ya memang, sebenarnya topik yang saya ingin ceritakan hanyalah tentang perubahan, segala perubahan yang terjadi sejak kita lahir sampai sekarang. Menulis memang akan membuat kita melayang-layang, terbang ke segala arah. Itulah sebabnya dari satu topik akan merambah ke topik lain, karena pikiran akan berjalan terus-menerus selagi kita keasyikan menulis. Lanjut, perubahan yang saya maksud disini adalah perubahan dari segi fisik dan batin, juga perubahan pada lingkungan disekitar kita.

Perubahan memang sangat menarik untuk diperbincangkan. Bayangkan saja ketika anda membuka-buka album foto keluarga atau mendapat foto anda sewaktu masih kecil, masih imut-imut, kerempeng (sst, gak kali yach). Apakah yang anda rasakan? Mungkin anda akan tertawa terbahak-bahak hingga ingin pipis. Atau anda ingin mencubit pipi mungil anda namun cuma sebatas foto. Anda juga bisa melihat video rekaman anda beberapa tahun lalu dan anda bandingkan dengan sekarang. Atau saja anda masih menyimpan baju masa kecil anda, dan sebagainya. Pada orang tua, yang sudah kawin, suami-istri ataupun kakek-nenek, mereka kadang-kadang mengingat masa pacaran mereka dan masa perkawinan mereka dan membandingkan dengan usia yang mereka jalani sekarang. Anda masih ingin contoh lain? Lihat saja di bidang style busana, gaya busana tahun 80-an dan sekarang. Hahaha…sungguh perubahan itu sangat indah.

Selain indah, perubahan itu sangat penting. Siapapun pasti akan ingin perubahan. Dalam konteks lingkungan kita, kehidupan sehari-hari kita, perubahan sangat diinginkan karena itu menandakan suatu kemajuan. Suatu daerah yang mengalami perubahan besar-besaran dalam segala bidang bisa dikatakan daerah itu maju.
Perubahan besar itu banyak macam, ada yang dikatakan revolusi dan lain-lain. Salah satus dari perubahan yang sering kita dengar saat ini adalah globalisasi. Inilah yang sedang merambah dunia, dari tahun ke tahun, dan tentunya Negara kita, Indonesia, juga mengalaminya. Dalam proses globalisasi, penyebaran budaya ataupun kultur (saya maksud bukan emigrasi budaya) sangat dominan, hal ini juga selalu diikuti oleh perubahan mode pakaian. Negara yang super power (umumnya Negara-negara Barat) sering dijadikan kiblat oleh Negara lain dengan mengadopsi segala perubahan-perubahan di segala bidang. Di satu pihak globalisasi bisa menguntungkan namun di pihak lain ia juga bisa membahayakan. Ia bisa dikatakan sebagai pisau bermata dua. Bagi Negara yang tidak mempunyai filter yang kuat, maka tunggulah efek-efek buruk globalisasi menyerang. Olehnya itu kita bangsa Indonesia seharusnya telah siap dari awal untuk menghadapi globalisasi. Kita tidak boleh terpengaruh ataupun bangsa lain tidak boleh merusak kultur kita yang sungguh indah ini. Let’s keep it. Kali ini saya tidak akan membahas tentang fakta dari arus globalisasi yang sedang melanda kaum remaja di Indonesia, andalah yang lihat sendiri dan pikirkanlah. Sejauh mana anda akan mengubah sikap anda dan memfilter efek-efek yang buruk dari globalisasi.

Ini mungkin merupakan bagian terakhir dari coretan-coretan saya ini dan saya baru sadar bahwa anda hampir bingung dengan isi tulisan ini. Anda juga pasti akan berfikir, genre tulisan ini seperti apa sich? Hahaha,,, itu tidak perlu, bacalah saja, apa yang anda dapatkan itulah yang perlu. Sekali lagi saya katakan bahwa perubahan itu sangat menarik untuk diperbincangkan. Hal yang perlu kita lakukan kemudian adalah jalanilah perubahan itu apa adanya. Kita tidak bisa menolak suatu perubahan, terutama perubahan fisik pada diri kita. Untuk perubahan di lingkungan kita, kita butuh filter yang sangat kuat. Perubahan itu akan terus ada, dimanapun dan kapanpun, oleh karena itu just let them flow well,,…

Makassar,11 Juni 2011

0 komentar

Silahkan Beri Komentar Saudara...

Sepenggal Kata

Menulislah, maka anda akan meraba dunia, dan membacalah maka anda akan melihat dunia...

READ

......
Template Oleh trikmudahseo